Membangun TEAM MENAJEMEN USAHA, Tim kecil VS Tim besar.

Membangun tim manajemen impian bagi usaha kecil, Tim kecil VS Tim besar.

sejarah muda
Link to photo's attribution and source is at the bottom of blog post
Mengelola usaha kecil bukanlah persoalan yang mudah. Banyak pemilik usaha kecil mengeluh tentang sulitnya mengelola usaha kecil mereka karena hanya memiliki sedikit karyawan untuk membantunya mengelola bisnis. Jika saja para pemilik usaha kecil ini diminta untuk membangun the dream team (tim impian) yang mereka inginkan untuk membantu mereka mengelola usaha kecil mereka dengan tepat, pastilah mereka menginginkan banyak orang untuk membantu mereka. Bagaimana dengan Anda?
Memiliki tim yang terdiri dari sedikit orang bukanlah sebuah bencana, bahkan jika anda mengelola tim dengan tepat tim kecil bisa saja menjadi the dream team dan bahkan the winning team
Tim kecil sebenarnya banyak memiliki kelebihan-kelebihan yang tidak dimiliki oleh tim besar. Tim kecil dapat bergerak lincah, fleksibel dan membutuhkan lebih sedikit biaya daripada tim besar. Sebagai pemilik usaha kecil anda bisa mengelola tim kecil dengan meaksimalkan kelebihan-kelebihan ini. 

Banyak bukti di luar sana yang telah menunjukkan bahwa tim kecil dapat menghasilkan sesuatu yang besar, berarti dan penting sama dengan tim besar, bahkan dalam beberapa kasus mengalahkan mereka. Tahukah anda bahwa tim yang menciptakan pivot table yang luar biasa berguna hanya dikerjakan oleh dua orang saja? Tim yang menciptakan magnetic strip yang dipakai dalam kartu ATM kita hanya memiliki tiga anggota. Transistor pertama di dunia –yang memungkinkan terjadinya revolusi dunia komputer- diciptakan dan dirancang hanya oleh tiga orang di Bell Labs.
Perusahaan raksasa dunia juga berawal dari tim kecil. Anda pasti tahu kisah pendirian Google, Microsoft dan Apple. Semua perusahaan tersebut bermula dari sedikit orang – tidak lebih banyak daripada jumlah jari-jari di tangan kita- yang memiliki hasrat, impian dan kemaun untuk bekerja keras mewujudkan impian mereka. 
.Jadi jangan berkecil hati jika anda hanya memiliki tim kecil dengan sedikit orang karyawan untuk membantu anda menjalankan usaha. Banyak yang bisa anda capai dengan tim kecil. Ada beberapa tips manajemen untuk mengelola tim kecil sehingga anda bisa memaksimalkan kelebihan dan menjadikan tim kecil anda sebagai tim impian dan tim pemenang, yang pada akhirnya memajukan usaha kecil anda menjadi perusahaan besar.
Berikut beberapa tips manajemen yang bisa anda ikuti. 
1. Perkuat multitasking. Memiliki tim kecil dengan sedikit orang mengharuskan anda untuk melakukan multitasking alias satu orang mengerjakan beberap pekerjaan atau fungsi sekaligus. Anda sebagai pemilik usaha kemungkinan harus melakukan tugas yang lebih banyak daripada para pekerja anda. Itu memang sudah menjadi risiko sebagai owner suatu usaha. Patut diingat bahwa anda tak bisa begitu saja memberikan secara asal-asalan pekerjaan kepada sesorang. Dalam mengatur multitasking, primsip manajemen moderen yaitu the right man for the right job alias memberikan pekerjaan kepada ahlinya, tetap harus dihormati dan dipatuhi. Ini juga yang dilakukan oleh perusahaan dunia macam Apple, dan Microsoft pada masa awal (startup) mereka. Di Apple Steve Wozniak mengurusi hardware sedang Steve Jobs mengurusi desain produk dan marketing. 
2. Manfaatkan kecepatan dan kelincahan tim kecil. Salah satu kelebihan besar tim kecil ialah kecepatan dan kelincahan aksi. Karena hanya memiliki sedikit anggota maka keputusan strategis dapat diambil secara cepat. Eksekusi atau pelaksanaan keputusan strategis tersebut juga bisa dilakukan secara cepat. Akan tetapi satu hal yang harus diperhatikan oleh pemilik usaha atau siapapun yang memimpin tim kecil yauti setiap pengambilan keputusan haruslah didasari oleh fakta dan data. Jangan memutuskan sesuatu tanpa didasari oleh data yang mendukung. Oleh karena itu kumpulkanlah data penting yang diperlukan secukupnya. Penting bagi tim kecil untuk selangkah di depan tim besar, jangan membuang waktu dalam mengumpulkan data dan mengambil keputusan.

3. Tetaplah efisien dalam hal biaya.  Tim kecil dengan sedikit orang tentu saja membutuhkan sedikit biaya dibandingkan tim besar. Manfaatkanlah keungulan ini. Lakukan semua dengan sederhana. Riset, marketing, atau desain semua harus dilakukan secara efisien. Pertarungan dengan perusahaan juga harus dilakukan secara efisisen. Bagaimana caranya? Pertama anda bisa saja mengindari berhadapan secara langsung dengan tim besar dan memilih niche usaha anda sendiri. Kedua jika memang harus melawan langsung dengan perusahaan besar, fokuslah di area yang paling efisien dibandingkan perusahaan besar. Mungkin usaha kecil anda memiliki tim riset atau marketing yang lebih efisisen daripada tim di perusahaan besar? Fokuslah di area tersebut. 
Tentu saja masih banyak tips manajemen untuk tim kecil yang akan mampu memaksimalkan kelebihan tim tersebut dan pada akhirnya akan menumbuhkan usaha kecil anda menjadi sebuah perusahaan besar, tetapi tiga tips manajemen di atas adalah dasar-dasar yang sangat penting bagi tim kecil jika ingin menjadi the dream team. 
Ada banyak buku yang mengulas cara tim kecil dapat menang melawan tim besar. Salah satu yang saya rekomendasikan ialah karya Malcolm Gladwell yang berjudul David and Goliath, Ketika Si Lemah Menang Melwan Raksasa. Buku ini sangat bagus dan ditulis dalam bahasa yang sederhana sehingga mudah dimengerti cocok dibaca oleh semua kalangan. 
Saya menulis post ini agar para pemilik usaha kecil tak berputus asa dan mengeluh karena hanya memiliki sedikit karyawan dalam tim kecil untuk membantu mereka mengelola usaha kecil mereka. 
Percayalah bahwa tim kecil pun mampu menang melawan tim besar. Perusahaan kecil pun bisa mengalahkan perusahaan besar. 
photo credit: 'PixelPlacebo' via photopin cc

0 Response to "Membangun TEAM MENAJEMEN USAHA, Tim kecil VS Tim besar. "

Post a Comment

pesan untuk pengunjung

1.bekomentarlah sesuai dengan isi blog
2.gunakan lah bahasa yang sopan
3.terimakasih dan selamat membaca postingan

salam blogger terimakasih telah mau berkunjung

ucapan terimakasih

SALAM BLOGGER semoga blog ini bisa bermanfaat buat netter
kami akan berbagi pengalaman pengalaman unik di blog ini mulai dari yang iseng2,tutorial,cerita2,serta motivasi dan terimakasih buat para blogger blogger sahabat yang telah memberi waktu untuk berkunjung kerumah sederhana ini ,

Labels

About Me

My photo
Saya adalah orang sederhana sama seperti anda dan saya memiliki rasa penasaran yang tinggi juga hobby dalam bidang teknologi seperti program ,dan hacking

Followers